Langkah Melaksanakan Asesmen Sumatif dan Cara Mengembangkannya

NEGERI SATU – Fungsi penilaian sumatif adalah untuk mengukur kemampuan dan pemahaman belajar sebagai sarana untuk memberikan umpan balik kepada siswa. Tidak hanya itu, hasil penilaian sumatif juga dapat digunakan sebagai ukuran keberhasilan pembelajaran bagi tenaga pengajar, sebagai ukuran akuntabilitas dan monitoring tenaga pengajar, serta sebagai sarana motivasi siswa dan sebagai umpan balik bagi tenaga pengajar.

Dapat dilakukan dengan menggunakan ujian tertulis dan/atau tidak tertulis dalam menilai sesuai dengan kemampuannya. Penilaian tertulis dapat dilakukan oleh guru yang mendorong siswa untuk merefleksikan pembelajaran mereka, dengan membuat produk (majalah, esai, poster), atau dengan mengikuti ujian tertulis. Di sisi lain, penilaian tertulis sumatif siswa dapat dilakukan dalam kegiatan diskusi kelompok kelas, produksi drama, evaluasi produk yang direalisasikan, penyajian materi atau hasil tugas, tes lisan.
Evaluasi komprehensif dengan non-pemeriksaan juga dimungkinkan. Jika seorang guru ingin mencapai hasil dalam ranah afektif, penilaian dapat dilakukan tanpa tes dengan observasi (pengamatan), proyek, daftar periksa, skala sikap, atau angket. Oleh karena itu, hasil perkembangan kognitif dan psikomotorik dapat dikumpulkan melalui portofolio.

Ujian tulis atau ujian tulis merupakan kegiatan belajar yang umum dan akrab bagi para guru. Guru juga dapat menggunakan banyak metode lain seperti:

  • bukti tindakan

Teknik ini menuntut siswa untuk mendemonstrasikan hasil belajarnya. Ujian ini dibagi menjadi ujian evaluasi kinerja dan evaluasi pekerjaan siswa.

  • pengamatan

Objek perilaku biasanya digunakan oleh guru atau siswa untuk mengamati kinerja siswa, seperti keakuratan perhitungan atau cara tugas tertentu dilakukan.

  • skala sikap

Teknik penilaian ini berupa rangkaian pernyataan sikap tentang objek yang diskalakan. Misalnya ukuran sikap terhadap kerjasama dan disiplin.

  • Penyelidikan

Berupa daftar pertanyaan tertulis untuk mengumpulkan informasi tertentu, seperti kebiasaan siswa di rumah.

  • dompet

Teknik Untuk menilai siswa, guru perlu mengumpulkan berbagai dokumen dan hasilnya. Guru kemudian mencatat kemajuan belajar siswa yang disusun secara sistematis menurut mata pelajaran.

  • kerja

Tugas dapat mencakup kegiatan yang dilakukan siswa secara terstruktur di luar kelas, seperti menulis artikel ringkasan, mencari sumber dan melakukan wawancara, membuat cerita, dan mengamati objek.

  • Proyek evaluasi

Proyek yang dibuat siswa dapat mencakup kemampuan untuk merencanakan, melakukan, dan melaporkan kegiatan.
Prosedur dan metode penilaian sumatif untuk pengembangannya

Saat melakukan penilaian sumatif, guru biasanya mengikuti langkah-langkah berikut:

Guru telah melengkapi RPP yang menyediakan semua materi yang dibuat berdasarkan hasil yang diharapkan.
Membuat konsep dan rumusan untuk melakukan penilaian berdasarkan tujuan pembelajaran.
Membuat panduan penilaian yang dapat digunakan sebagai dokumen, referensi, dan laporan yang komprehensif tentang hasil belajar kinerja siswa.
Memberikan siswa dengan instruksi dan arahan untuk melakukan penilaian.

Guru dapat menggabungkan teknik penilaian untuk membuat penilaian sumatif lebih beragam dan menarik hasil dari berbagai bidang keterampilan siswa. Misalnya, seorang guru dapat menggunakan tes tertulis berbasis wawancara untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa di kelas bahasa Indonesia. Siswa dapat diminta untuk menemukan jawaban atas cerita atau masalah yang disajikan oleh guru. Selain itu, dengan menggali informasi langsung dari sumbernya, siswa mencari solusi dari masalah yang disajikan atau ditampilkan kepada teman sekelas dalam hasil produk.
Dengan memperhatikan bagaimana penilaian sumatif siswa dibuat, guru bisa mendapatkan hasil penilaian yang lebih lengkap dan lebih jelas dari berbagai bidang. Guru juga dapat menggunakan kreativitas yang bermanfaat untuk membantu mereka bekerja lebih profesional. Evaluasi seperti apa yang Anda pertimbangkan?***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *