NEGERI SATU – Fungsi penilaian sumatif adalah untuk mengukur kemampuan dan pemahaman belajar sebagai sarana untuk memberikan umpan balik kepada siswa. Tidak hanya itu, hasil penilaian sumatif juga dapat digunakan sebagai ukuran keberhasilan pembelajaran bagi tenaga pengajar, sebagai ukuran akuntabilitas dan monitoring tenaga pengajar, serta sebagai sarana motivasi siswa dan sebagai umpan balik bagi tenaga pengajar.
Dapat dilakukan dengan menggunakan ujian tertulis dan/atau tidak tertulis dalam menilai sesuai dengan kemampuannya. Penilaian tertulis dapat dilakukan oleh guru yang mendorong siswa untuk merefleksikan pembelajaran mereka, dengan membuat produk (majalah, esai, poster), atau dengan mengikuti ujian tertulis. Di sisi lain, penilaian tertulis sumatif siswa dapat dilakukan dalam kegiatan diskusi kelompok kelas, produksi drama, evaluasi produk yang direalisasikan, penyajian materi atau hasil tugas, tes lisan.
Evaluasi komprehensif dengan non-pemeriksaan juga dimungkinkan. Jika seorang guru ingin mencapai hasil dalam ranah afektif, penilaian dapat dilakukan tanpa tes dengan observasi (pengamatan), proyek, daftar periksa, skala sikap, atau angket. Oleh karena itu, hasil perkembangan kognitif dan psikomotorik dapat dikumpulkan melalui portofolio.
Ujian tulis atau ujian tulis merupakan kegiatan belajar yang umum dan akrab bagi para guru. Guru juga dapat menggunakan banyak metode lain seperti:
Teknik ini menuntut siswa untuk mendemonstrasikan hasil belajarnya. Ujian ini dibagi menjadi ujian evaluasi kinerja dan evaluasi pekerjaan siswa.
Objek perilaku biasanya digunakan oleh guru atau siswa untuk mengamati kinerja siswa, seperti keakuratan perhitungan atau cara tugas tertentu dilakukan.
Teknik penilaian ini berupa rangkaian pernyataan sikap tentang objek yang diskalakan. Misalnya ukuran sikap terhadap kerjasama dan disiplin.
Berupa daftar pertanyaan tertulis untuk mengumpulkan informasi tertentu, seperti kebiasaan siswa di rumah.
Teknik Untuk menilai siswa, guru perlu mengumpulkan berbagai dokumen dan hasilnya. Guru kemudian mencatat kemajuan belajar siswa yang disusun secara sistematis menurut mata pelajaran.
Tugas dapat mencakup kegiatan yang dilakukan siswa secara terstruktur di luar kelas, seperti menulis artikel ringkasan, mencari sumber dan melakukan wawancara, membuat cerita, dan mengamati objek.
Proyek yang dibuat siswa dapat mencakup kemampuan untuk merencanakan, melakukan, dan melaporkan kegiatan.
Prosedur dan metode penilaian sumatif untuk pengembangannya
Saat melakukan penilaian sumatif, guru biasanya mengikuti langkah-langkah berikut:
Guru telah melengkapi RPP yang menyediakan semua materi yang dibuat berdasarkan hasil yang diharapkan.
Membuat konsep dan rumusan untuk melakukan penilaian berdasarkan tujuan pembelajaran.
Membuat panduan penilaian yang dapat digunakan sebagai dokumen, referensi, dan laporan yang komprehensif tentang hasil belajar kinerja siswa.
Memberikan siswa dengan instruksi dan arahan untuk melakukan penilaian.
Guru dapat menggabungkan teknik penilaian untuk membuat penilaian sumatif lebih beragam dan menarik hasil dari berbagai bidang keterampilan siswa. Misalnya, seorang guru dapat menggunakan tes tertulis berbasis wawancara untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa di kelas bahasa Indonesia. Siswa dapat diminta untuk menemukan jawaban atas cerita atau masalah yang disajikan oleh guru. Selain itu, dengan menggali informasi langsung dari sumbernya, siswa mencari solusi dari masalah yang disajikan atau ditampilkan kepada teman sekelas dalam hasil produk.
Dengan memperhatikan bagaimana penilaian sumatif siswa dibuat, guru bisa mendapatkan hasil penilaian yang lebih lengkap dan lebih jelas dari berbagai bidang. Guru juga dapat menggunakan kreativitas yang bermanfaat untuk membantu mereka bekerja lebih profesional. Evaluasi seperti apa yang Anda pertimbangkan?***
Rekomendasi:
- MENGENAL ASSESMEN SUMATIF NEGERI SATU - Penilaian merupakan langkah penting dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Istilah tersebut tentunya sudah tidak asing lagi di dunia pendidikan, khususnya bagi para guru. Bagaimanapun, penilaian adalah bagian dari…
- Mengenal Pembelajaran Refleksi NEGERI SATU - Kegiatan belajar mengajar harus akrab dengan istilah 'pembelajaran reflektif'. Ya, dalam artikel tersebut tertulis bahwa refleksi pembelajaran merupakan salah satu kegiatan pembelajaran dimana siswa memberikan umpan balik…
- Jenis Asesmen Diagnostik NEGERI SATU - Indikator keberhasilan dalam kegiatan belajar mengajar di kelas dapat dilihat dari pengetahuan siswa yang lebih besar dan karakter positif yang lebih besar. Oleh karena itu, dalam kegiatan…
- Definisi refleksi NEGERI SATU - Mengajar adalah tugas profesional yang harus ditanggapi dengan serius. Dalam arti tertentu, mengajar adalah proses belajar sepanjang hayat. Guru tidak hanya memainkan peran mereka mengajar siswa. Seorang…
- kebijakan merdeka belajar yang dicetuskan oleh pemerintah NEGERI SATU - Di era revolusi industri 4.0 ini, lembaga pendidikan menghadapi tantangan dan peluang. Syarat sebuah lembaga pendidikan untuk maju dan berkembang adalah kemampuan berinovasi dan berkolaborasi. Jika institusi…
- CARA MENINGKATKAN PEMAHAMAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK NEGERI SATU - Globalisasi dan pembaharuan sistem pendidikan di era milenium mendorong bidang pendidikan untuk maju seiring dengan perkembangannya. Banyak juga situs belajar online saat ini, salah satunya adalah Kejarcita.id…
- Contoh refleksi pembelajaran NEGERI SATU - Di bawah ini adalah beberapa bentuk atau contoh pembelajaran reflektif yang dapat dilakukan di dalam kelas. Refleksi Bahan Ajar Salah satu contoh refleksi pembelajaran yang paling umum…
- Tentang AKM NEGERI SATU - Pengangkatan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim telah membawa perubahan besar dalam sistem pendidikan Indonesia. Saat pertama kali dibuka pada tahun 2019, Menteri Pendidikan dan…
- MENGENAL MODEL PEMBELAJARAN SEIMBANG NEGERI SATU - Dalam berlangsungnya kegiatan pembelajaran, guru berperan dalam memberikan fasilitas pendidikan, bimbingan dan pembelajaran yang prima kepada siswa sehingga dapat mencapai tujuan belajarnya secara tepat waktu dan mencapai…
- Mengimplementasikan Pameran Karya Siswa sebagai… NEGERI SATU - Bisakah Anda bayangkan seperti apa pameran mahasiswa itu? Apakah koleksi prestasi belajar Anda dipajang di lorong-lorong sekolah Anda, atau apakah Anda memajang nilai-nilai Anda di majalah dinding?…
- Apa Itu SBM? Kenalan dengan SBMHello, Penduduk Negeri Satu! Apa kabar? Kali ini saya akan membahas tentang SBM atau Seleksi Bersama Masuk. SBM adalah sebuah sistem seleksi masuk perguruan tinggi yang dilakukan oleh…
- Tenaga Kerja yang Tergolong dalam Swapekerja Swapekerja, Apa itu?Hello, Penduduk Negeri Satu! Pernahkan kamu mendengar istilah swapekerja? Swapekerja merupakan sebuah platform yang mempertemukan pekerja dengan pengguna layanan secara online. Di era digital seperti saat ini, swapekerja…
- Peran guru dan sekolah penggerak dalam implementasi… NEGERI SATU - Guru dan sekolah mengemudi memegang peranan penting dalam implementasi kurikulum mandiri. Guru dan sekolah mengemudi sangat penting untuk keberhasilan pelaksanaan kurikulum independen. Di bawah ini adalah beberapa…
- Ketahui Trend Pendidikan di Era 21 NEGERI SATU - Tujuan pendidikan abad ke-21 adalah untuk memastikan bahwa masyarakat Indonesia dihormati dan berdiri sejajar dengan negara-negara lain di dunia. Untuk mewujudkan cita-cita tersebut, perlu dibentuk sumber daya…
- Strategi menjadi guru yang seimbang NEGERI SATU - Setelah Anda memahami model pembelajaran seimbang, Anda pasti akan tertarik untuk menjadi guru yang seimbang. Menerapkan pembelajaran berimbang dalam kegiatan pembelajaran memerlukan penerapan beberapa strategi untuk menjadi…
- Hal yang Harus Diketahui Mengenai Pembelajaran… NEGERI SATU - Pembelajaran perubahan konsep atau pendekatan konseptual adalah pengajaran yang dilakukan secara langsung dengan menyajikan konsep tanpa memberikan kesempatan kepada siswa untuk mempelajari penguasaan konsep. Ada dua pendekatan…
- Manfaat Mengerjakan Latihan Soal Bagi Siswa NEGERI SATU - Semester baru akan segera dimulai. Tentu saja, sebagai seorang guru, Anda ingin siswa Anda menjadi lebih baik. Salah satu cara siswa mendapatkan hasil dan lebih memahami pelajaran…
- Dari 50 Siswa di Kelas A, 23 Siswa Gemar Matematika Hello, Penduduk Negeri Satu!Siapa yang tidak pernah bersekolah? Hampir semua orang pasti pernah merasakan bagaimana rasanya berada di dalam kelas dan belajar bersama teman-temannya. Ada banyak hal yang bisa dipelajari…
- Cara Membuat dan Contoh Modul Ajar Modul Ajar NEGERI SATU - Modul yang diajarkan adalah bagian penting dan penting dari implementasi kurikulum mandiri. Meskipun istilah modul pembelajaran mungkin terdengar baru, namun sebenarnya memiliki tujuan yang sama dengan rencana…
- Berbicara tentang kurikulum merdeka NEGERI SATU - Kurikulum yang unik menjadi acuan bagi proses pendidikan di Indonesia saat ini. Kurikulum ini sebelumnya dikenal dengan konsep belajar mandiri. Konsep tersebut dipinjam dari Nadiem Anwar Makalim,…
- Modernisasi Pendidikan di Negeri Satu Hello, Penduduk Negeri Satu! Saat ini, dunia pendidikan terus mengalami perubahan dan perkembangan yang signifikan. Terdapat berbagai kegiatan modernisasi yang dilakukan dalam bidang pendidikan guna meningkatkan kualitas pembelajaran. Artikel ini…
- Berikut yang Bukan Fungsi Kritik Seni Rupa Adalah PendahuluanHello Penduduk Negeri satu! Kali ini kita akan membahas tentang kritik seni rupa. Kritik seni rupa merupakan sebuah bentuk analisis dan penilaian terhadap sebuah karya seni rupa yang dapat membantu…
- Strategi Implementasi Kurikulum Merdeka Jalur Mandiri NEGERI SATU - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi secara mandiri mendaftarkan penerapan kurikulum mandiri di lembaga pendidikan Indonesia dan menawarkan tiga opsi tergantung pada kesiapan sekolah: belajar mandiri, perubahan…
- Manfaat Memberikan Kemerdekaan Belajar pada Anak NEGERI SATU - Manfaat Memberikan Kemerdekaan Belajar pada Anak Berikut manfaat belajar mandiri untuk anak Anda yang harus Anda ketahui: 1. Materi didaktik dibuat lebih sederhana Siswa dapat fokus mendalami…
- Tips Membangun Sekolah Unggul NEGERI SATU - Ada banyak cara untuk membangun sekolah yang hebat. Beberapa dari mereka adalah: 1. Seleksi kandidat yang ketat dan adil untuk masuk sebagai siswa reguler Untuk membangun sekolah…
- Pentingnya refleksi NEGERI SATU - Sebagaimana disebutkan di atas, refleksi dengan sesama guru merupakan salah satu cara bagi guru untuk melakukan refleksi terhadap pembelajaran. Memang diskusi dengan sesama guru ini memiliki banyak…
- Manfaat Konsep Pembelajaran Perubahan Konseptual NEGERI SATU - Kali ini kita akan membahas mengenai Manfaat Konsep Pembelajaran Perubahan Konseptual. untuk mengetahui penjelasan lengkapnya, simak artikel berikut dengan baik. indikator prestasi siswa Ada indikator yang mengukur…
- Jabarkan Mengenai Mau Menerima dan Memberi Umpan Balik Penduduk Negeri Satu, Mari Kita Bahas Tentang Umpan BalikHello Penduduk Negeri Satu, hari ini kita akan membahas mengenai pentingnya menerima dan memberi umpan balik. Apakah kamu termasuk orang yang sulit…
- Karakteristik Kurikulum Merdeka NEGERI SATU - Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum baru yang diluncurkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Pasalnya, untuk meningkatkan mutu pendidikan tentunya harus…
- Contoh Pelatihan Guru agar Menjadi Profesional NEGERI SATU - Dalam kegiatan belajar mengajar, guru memegang peranan penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang efektif. Kedengarannya sepele, tetapi tidak semudah yang Anda bayangkan, tetapi guru harus banyak belajar…