Berbicara tentang kurikulum merdeka

NEGERI SATU – Kurikulum yang unik menjadi acuan bagi proses pendidikan di Indonesia saat ini. Kurikulum ini sebelumnya dikenal dengan konsep belajar mandiri. Konsep tersebut dipinjam dari Nadiem Anwar Makalim, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Sekolah Swasta di Indonesia. Kebebasan belajar sebelumnya telah diterapkan di beberapa sekolah di Indonesia yang tergabung dalam Sekolah Mengemudi.

Namun, mulai tahun ini semua sekolah di Indonesia secara bertahap memperkenalkan kurikulum mereka sendiri. Kurikulum ini dirancang untuk membantu Anda mengatasi berbagai kendala pendidikan yang akan muncul selama pandemi COVID-19 2020-2022. Kurikulum mandiri menawarkan banyak pilihan kegiatan intrakurikuler yang dapat mengatasi berbagai kendala pendidikan di masa pandemi.

Apa dan bagaimana kurikulum mandiri diterapkan? Bagaimana peran guru dan sekolah penggerak dalam mengimplementasikan kurikulum mandiri ini?Semuanya dibahas dalam artikel ini.

Berbicara tentang kurikulum merdeka

Apa itu resume independen? Apakah Kurikulum Mandiri Berarti Program Studi Mandiri? Definisi kurikulum mandiri, berdasarkan buku saku kurikulum mandiri, memastikan bahwa siswa memiliki cukup waktu untuk mengembangkan keterampilan mereka., Kurikulum yang mencakup berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang paling optimal untuk belajar.

Di sisi lain, Lembaga Standar, Kurikulum, dan Penilaian Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mendefinisikan kurikulum mandiri yang berfokus pada materi esensial dan pengembangan karakter profil siswa Pancasila.

Kurikulum mandiri ini memberikan kemandirian bagi semua pihak yang terlibat dalam proses belajar mengajar. Kurikulum mandiri memberikan kebebasan kepada siswa untuk memilih mata pelajaran yang diinginkan berdasarkan bakat dan minat masing-masing.

Guru juga bebas memilih alat pengajaran yang akan digunakan. Guru dapat memilih alat pengajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswanya. Begitu juga sekolah. Kurikulum mandiri ini juga memberikan kebebasan kepada sekolah untuk menentukan operasional kurikulum satuan pendidikan kontekstual sehingga pembelajaran disesuaikan dengan kebutuhan belajar siswa.

Menkeu berharap kurikulum mandiri akan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Kurikulum mandiri ini merupakan prototipe kurikulum yang menerapkan sistem pembelajaran berbasis proyek.

Keberhasilan kurikulum mandiri telah diujicobakan di 2500 sekolah mengemudi di Indonesia sejak tahun 2020. Hasilnya, kualitas sekolah dengan kurikulum mandiri meningkat.

Konsep utama kurikulum mandiri adalah melaksanakan pembelajaran sesuai minat dan bakat peserta didik dalam rangka mengembangkan kemampuannya. Kurikulum Mandiri didasarkan pada konsep (1) sederhana, mudah dipahami dan praktis, (2) memperhatikan keterampilan dan kepribadian siswa, dan (3) fleksibilitas.

guru penggerak

Apa itu guru penggerak ? Motivasi Guru adalah program yang diluncurkan pada tahun 2020 oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Tujuan pemerintah meluncurkan program ini adalah untuk membantu proses pembelajaran yang terjadi di masa pandemi.

Seorang instruktur mengemudi ditunjuk sebagai fasilitator pengajaran. Ini akan menjadi solusi untuk mengatasi berbagai kendala belajar yang muncul selama pandemi.

Teacher Movers adalah program yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja guru. Selain itu, Activator Teacher adalah kekuatan pendorong di balik komunitas belajar kami.

Program Guru yang Memotivasi sama fleksibelnya dengan kurikulum yang terpisah. Teacher Movers meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia melalui pendekatan andragogi dan blended learning. Guru motivasi menerapkan proses pembelajaran berbasis realitas dengan menggabungkan strategi tatap muka dengan pembelajaran online. Inilah yang disebut pembelajaran campuran.

Tidak semua guru dapat mengikuti Program Guru Memotivasi. Guru yang ingin menjadi guru yang memotivasi harus mendaftar terlebih dahulu. Selanjutnya melalui berbagai tes dan seleksi. Jika Anda lulus, Anda bisa menjadi master motor.

sekolah penggerak

Ketika datang ke kurikulum mandiri, guru motivasi dan sekolah motivasi tidak dapat dipisahkan. Sekolah Mengemudi adalah sekolah yang menitikberatkan pada peningkatan hasil belajar siswa secara utuh dengan mewujudkan citra Pancasila sebagai siswa, meliputi sumber daya manusia yang unggul (wakil kepala sekolah, wakil kepala sekolah), kemampuan dan kepribadian.

Activator School merupakan mitra pemerintah dalam mewujudkan visi dan misi pendidikan Indonesia. Dengan melahirkan siswa-siswa Pancasila, sekolah mengemudi diharapkan dapat mewujudkan Indonesia yang maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian.

Saat ini terdapat 2.492 sekolah mengemudi di Indonesia. Jumlah ini menjangkau seluruh satuan pendidikan mulai dari PAUD, SD, SMP, SMA hingga SLB. Program sekolah motivasi ini sudah memiliki tiga gelombang.

Sekolah motivasi ini memisahkan peran banyak pemangku kepentingan mulai dari pelatih ahli, pengawas, pengawas, kepala sekolah, dewan guru belajar, guru, siswa, mitra, dewan orang tua hingga pemerintah daerah saya tidak bisa melakukannya. Semua pemangku kepentingan bekerja sama untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Ada lima intervensi yang dilakukan sekolah mengemudi untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

1. Konseling dan dukungan asimetris

2. Penguatan SDM di sekolah

3. Belajar dengan Paragid baru

4. Perencanaan berbasis data

5. Digitalisasi sekolah

itulah pembahasan mengenai

itulah pembahasan mengenai Berbicara tentang kurikulum merdeka, semoga bermanfaat***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *