MENGENAL ASSESMEN SUMATIF

NEGERI SATU – Penilaian merupakan langkah penting dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Istilah tersebut tentunya sudah tidak asing lagi di dunia pendidikan, khususnya bagi para guru. Bagaimanapun, penilaian adalah bagian dari kebijakan pemerintah dalam menerapkan Kurikulum Merdeka. Sebagai alternatif pelaksanaan ujian nasional, penilaian kecakapan minimum merupakan salah satu tolak ukur penjaminan mutu pendidikan di sekolah. Hal ini menunjukkan bahwa pelaksanaan penilaian di sekolah sangatlah penting. Lalu apa yang dimaksud dengan evaluasi?
Definisi evaluasi

Penilaian berasal dari kata assessment (bahasa Inggris) yang berarti “evaluasi”. Menurut Lidz (2002), definisi penilaian adalah pengumpulan informasi untuk memperoleh profil psikologis anak, meliputi gejala dan intensitas, hambatan hidup, kekuatan dan kelemahan, serta peran kunci, sesuai dengan kebutuhan anak. Di sisi lain, menurut Robert M. Smith, penilaian adalah penilaian yang komprehensif, yang melibatkan anggota tim untuk mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan. Hasil evaluasi digunakan untuk layanan pendidikan ramah anak sebagai dasar penyusunan proyek pembelajaran untuk menginterpretasikan hasil pengukuran.

Permendikbud 2015, No.53, Penilaian hasil belajar oleh pendidik mengumpulkan informasi atau bukti hasil belajar peserta didik dalam kompetensi sikap mental dan sosial, pengetahuan dan keterampilan yang dilakukan secara terencana, proses, sistematis.

Berdasarkan pandangan beberapa ahli tersebut, dapat disimpulkan bahwa penilaian pembelajaran adalah proses pengumpulan informasi untuk mengetahui kemampuan seorang siswa, baik kelemahan maupun kelebihannya. Hasil proses evaluasi digunakan untuk menyusun rencana pembelajaran dan layanan pendidikan yang disesuaikan dengan kebutuhan mereka.
Jenis peringkat

Evaluasi dikategorikan menjadi tiga jenis dalam hal waktu dan tujuan. Jenis termasuk evaluasi diagnostik, evaluasi formatif, dan evaluasi sumatif.

Penilaian diagnostik adalah penilaian yang diberikan oleh seorang guru pada awal pembelajaran. Tujuan dari proses penilaian diagnostik ini adalah untuk menentukan kompetensi dan memastikan seberapa baik kemajuan siswa dalam perkembangan belajar dari perspektif kognitif dan non-kognitif. Hasil penilaian ini digunakan untuk membantu guru menentukan strategi pembelajaran dengan memetakannya sesuai kebutuhan siswa.

Tugas evaluasi selanjutnya adalah evaluasi formatif. Penilaian ini akan digunakan selama kegiatan pembelajaran. Definisi Popham (2009) tentang penilaian formatif adalah proses yang disengaja untuk menghasilkan bukti pembelajaran siswa. Bukti digunakan oleh guru untuk membuat perubahan pada pembelajaran yang sedang berlangsung dan oleh siswa untuk mengadaptasi teknik pembelajaran mereka sendiri.

Penilaian sumatif adalah penilaian yang dilakukan pada akhir program studi. Proses penilaian sumatif ini digunakan untuk mengetahui kualitas belajar siswa secara keseluruhan. Penilaian ini memungkinkan guru untuk menemukan gambaran lengkap tentang hasil belajar siswa. Guru dapat memenuhi tujuan pembelajaran, memahami materi, atau menemukan keterampilan yang telah dikuasai siswa. Penilaian keseluruhan ini akan digunakan sebagai sumber untuk melaporkan hasil belajar siswa. Penilaian ini biasanya digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan kenaikan pangkat atau kelulusan.
Evaluasi komprehensif

Perbedaan antara masing-masing penilaian terlihat jelas saat dilakukan. Penilaian sumatif adalah salah satu yang paling umum dan sering dilakukan oleh guru sekolah. Sekarang, mari kita lihat lebih dekat implementasi evaluasi sumatif.

Pelaksanaan penilaian sumatif menghasilkan skor atau angka yang digunakan sebagai keputusan tentang hasil belajar siswa. Hasil penilaian ini meliputi beberapa mata pelajaran yang diajarkan oleh guru. Sebuah penilaian sumatif biasanya diberikan setelah program studi telah disampaikan. Penilaian ini biasanya dilakukan dengan menggunakan serangkaian tes pada akhir periode pendidikan tertentu. Contoh ulangan tersebut adalah ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester atau ulangan sekolah.

Itu tidak mempengaruhi hasil evaluasi keseluruhan***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *