Bagaimana Pelaksanaan Profil Pelajar Pancasila?

NEGERI SATU – kali ini kita akan membahas mengenai Bagaimana Pelaksanaan Profil Pelajar Pancasila?. untuk penjelasan lengkapnya, simak artikel berikut dengan baik.

Tujuan Profil Mahasiswa Pancasila

Tujuan Profil Siswa Pancasila adalah untuk menjadi kompas bagi pendidik dan siswa Indonesia. Profil mahasiswa dari Pancasila ini akan membantu anak-anak Indonesia tumbuh menjadi generasi yang cerdas, unik dan siap menghadapi dunia karir dan era globalisasi yang akan datang.

Selain itu, Profil Siswa Pancasila juga memaparkan cita-cita dan misi, tujuan pendidikan bagi peserta didik, dan tujuan pendidikan nasional bagi seluruh unsur pendidikan. Dengan cara ini, pendidik dan siswa dapat belajar tentang harapan pendidikan negara dan bekerja sama untuk mencapainya.

Melalui Profil Mahasiswa Pancasila, mahasiswa Indonesia diperlengkapi secara demokratis untuk menjadi manusia yang unggul dan produktif di abad 21 di era teknologi dan globalisasi yang semakin canggih. Selanjutnya, mahasiswa Indonesia harus mampu berpartisipasi dalam pembangunan global yang berkelanjutan dan menghadapi tantangan kehidupan yang akan datang.

Profil siswa Pancasila merupakan tujuan jangka panjang dari kegiatan pembelajaran yang dilakukan di sekolah untuk membentuk keterampilan dan karakter yang penting bagi seluruh warga sekolah. Siswa Pancasila juga merupakan benang merah yang melaluinya semua amalan yang dapat dilakukan di sekolah dapat diintegrasikan.

Bagaimana implementasi profil mahasiswa Pancasila?

Dalam kegiatan belajar mengajar, guru memegang peranan penting dalam membimbing ke arah pembelajaran yang bermakna, efektif dan menyenangkan. Guru memiliki tugas tidak hanya mengajarkan materi untuk memenuhi potensi siswa, tetapi juga menggali potensi siswa untuk mengembangkan karakter yang baik.

Pasalnya, pendidikan yang baik tidak hanya mengutamakan kemampuan kognitif peserta didik, tetapi juga menjadikan negara berbudaya dan berbudi pekerti di masa depan. Ada tiga kemungkinan jalur implementasi. Perwujudan profil siswa Pancasila ini dapat dilakukan melalui kegiatan pembelajaran kurikuler, ekstrakurikuler dan budaya sekolah.

1. Belajar di dalam kelas atau di dalam kelas

Siswa Pancasila dapat berprestasi melalui kegiatan ekstrakurikuler atau kegiatan utama di sekolah (kelas) dengan menggunakan alokasi waktu yang ditentukan dalam struktur program. Dalam hal ini, guru memegang peranan yang sangat penting dalam menciptakan kegiatan pembelajaran intrakurikuler yang bermakna yang secara positif mempengaruhi pengetahuan dan karakteristik siswa. Contoh kegiatan ekstrakurikuler tersebut antara lain kegiatan belajar kelas, piket bersih-bersih kelas, wawasan kebangsaan, kegiatan ibadah ritual senin, dan peringatan hari libur nasional.

2. Kegiatan ekstrakurikuler

Seperti yang Anda ketahui, ada kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. Kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan informal di luar jam sekolah yang bertujuan untuk mengembangkan nilai-nilai tertentu, memperluas pengetahuan siswa dan lebih menerapkan apa yang telah mereka pelajari. Kegiatan ekstra kurikuler biasanya dilakukan secara berkelompok, namun ada juga yang dilakukan secara individu.

Dalam hal ini, siswa dapat memilih kegiatan ekstrakurikuler berdasarkan minat dan bakatnya. Kegiatan ekstrakurikuler juga dikembangkan sesuai dengan kondisi lingkungan dan budaya di sekitar sekolah. Sekolah dan guru harus memainkan peran penting dalam mendukung kegiatan ekstrakurikuler siswa secara memadai.

Kegiatan ekstrakurikuler juga merupakan salah satu cara untuk membantu memenuhi profil siswa Pancasila di sekolah. Pasalnya, semua kegiatan ekstrakurikuler harus mengandung nilai-nilai karakter dan Pancasila.

3. Budaya sekolah

Profil Siswa Pancasila juga dapat dicapai melalui budaya sekolah. Budaya sekolah itu sendiri terbentuk atas dasar pengetahuan, keyakinan, nilai-nilai dan unsur-unsur organisasi. Untuk membentuk budaya sekolah, sekolah harus menanamkan nilai-nilai yang baik seperti semangat dan nilai moral.

Hal-hal inilah yang perlu diketahui untuk menjadikan profil siswa Pancasila menjadi kurikulum yang berdiri sendiri. Dalam hal ini peran guru dan sekolah sangat dibutuhkan. Oleh karena itu, guru dan sekolah harus meningkatkan kemampuan mereka untuk menghasilkan pembelajaran yang bermakna.

Banyak organisasi saat ini berusaha untuk meningkatkan keterampilan guru. Salah satunya adalah kejarcita.id. Kejarcita.id membantu meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia melalui pelatihan guru yang memasukkan topik-topik terkini dan sistem pendukung yang mendukung kegiatan pembelajaran di sekolah.

itulah pembahasan mengenai Bagaimana Pelaksanaan Profil Pelajar Pancasila? semoga bermanfaat***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *